Senin, 08 November 2010

Festival Dokar Sapi

Di daerah Ambulu,  Jember, Jawa Timur, ada satu jenis kendaraan dokar yang ditarik oleh sapi, yang disebut sebagai “Pegon”.
Hingga kini, Pegon masih mampu bertahan sebagai kendaraan umum untuk mengangkut hasil bumi,  material bangunan, juga untuk mengangkut pengangkut penumpang antar desa. Bahkan setiap tahun, yaitu 7 hari setelah lebaran (lebaran ketupat) , selalu digelar “Festival Pegon”.
Pada saat acara digelar, Pegon akan  dihias dengan  janur kuning yang merupakan simbol lebaran ketupat. Untuk menyemarakkan perjalanan, beberapa di antaranya dilengkapi dengan musik tradisional.

Setelah itu, Pegon akan diarak dari Desa Sumber Rejo, Kecamatan Ambulu menuju kawasan Pantai Watu Ulo, yang berjarak sekitar delapan kilometer. Di Pantai Watu Ulo, para pemilik pegon ini akan  berkumpul dengan ratusan peternak sapi dari berbagai desa disekitarnya.
Tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ini  adalah ungkapan rasa  syukur atas rezeki yang didapat dari Pegon, serta  untuk mempererat silaturahmi para pemilik Pegon. Seiring perkembangan, tradisi turun temurun ini juga menjadi ajang bergengsi bagi para pemilik sapi untuk unjuk kebolehan ternaknya. Setelah rombongan Pegon ini sampai di lokasi, para peserta akan menggelar doa dan makan bersama sambil menikmati pesona wisata Watu Ulo.

1 komentar:

hahaha mengatakan...

S1288POKER merupakan Sarana bermain Poker Online dengan Rupiah Asli !!

100% Tanpa BOOT !! Member VS Member !!

Tersedia 7 Games in 1 web :
Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, Super Ten dan Omaha POker

Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

Like Fanspage Kami di [url]www.facebook.com/s1288.poker[/url]

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
BBM : 7AC8D76B
WA : 08122221680

Posting Komentar